Sifat pemimpin sejati

10/11/09

sifat pemimpin

Kesuksesan dalam kerjasama tim kadang ditentukan dari kualitas dari pemimpin tim tersebut. Sinergi yang terjalin antara anggota dan pimpinan harus terbina dengan baik agar tercipta semangat untuk sukses bersama. Bila kita dipercaya untuk menjadi pemimpin, sangat diperlukan sifat-sifat dan jiwa kepemimpinan sejati untuk meraih dan mempertahankan kesuksesan tersebut. berikut ini ciri-ciri dan sifat dari pemimpin sejati :


1. Relationship, sifat pemimpin sejati harus mampu membina jalinan kedekatan yang jujur dengan anggota tim hingga terbagun perasaan saling menghargai dan membutuhan.

2. Optimis, pemimpin sejati harus mampu bersikap optimis dan pantang menyerah. Sikap panik dan pesimistis hanya akan membuyarkan konsentarasi anggota tim lainnya, hingga akan mempersulit kita menuju sukses.

3. Percaya diri, sifat pemimpin sejati adalah percaya pada kemampuan diri sendiri dan mampu membangun rasa percaya diri anggota tim lainnya. Berbagi pengalaman dan pembagian tugas sesuai kemampuan merupakan salah satu wujud membina dan membangun rasa percaya diri pada kerja sama tim.

4. Stabil, tenang, berwibawa dan mampu mengendalikan emosi agar tetap stabil adalah salah sifat pemimpin sejati. teguh hari dan jadilah diri kita sendiri.

5. Komunikatif, menjalin dialog dengan anggota tim, mendengarkan setiap pendapat dari masing-masing anggota tim hingga dapat mengantisipasi hal-hal negatif sedini mungkin dan memperhatikan kepentingan tim di atas kepentingan pribadi juga termasuk salah satu sifat pemimpin sejati.

6. Berjiwa besar, terbuka untuk setiap pendapat, masukan dan kritikan dan pandangan baru dari anggota tim lainnya hingga kita dapat dengan cepat menerima perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar demi meraih sukses. Siap menghadapi perubahan adalah salah satu sifat pemimpin sejati.

7. Mengembangkan diri, mengikuti seminar, memperdalam ilmu dan kemampuan hingga meningkatkan kualitas diri adalah salah satu sifat dari pemimpin sejati. Seorang pemimpin hendaknya menguasai semua aspek dari bidang yang ditekuninya.

Dengan jiwa dan sifat kepemimpinan sejati, jadikanlah diri kita pribadi yang layak diteladani dan dicontoh

Artikel yang berhubungan



4 komentar:

kak yoyok mengatakan...

Uhm..pembahsan yg berat.xixixi
btw pertamaX ga yah*mikir

insan mengatakan...

Pemimpin....
ikuti ia, sejauh yang rasional.
karena itu merupakan konsekuensi dari "hak pilih" kita

Good post sob...

visitor counter harian mengatakan...

o gitu ya -manggut2-

Kak Yusa mengatakan...

sangat menarik juga De pembahasannya.. menambah pengetahuan..

Posting Komentar