Tentang Cegukan

17/11/09

cegukan

Hati-hati dengan Cegukan, karena ternyata cegukan merupakan sinyal yang diberikan tubuh kita bahwa ada sisrem yang salah di dalam tubuh kita. Cegukan bisa berarti kita mengalami ganguan pencernaan serius bahkan gagal ginjal, sungguh menakutkan.

Cegukan yang istilah medis disebut hiccups dapat kita alami saat memakan makanan yang terlalu panas atau dingin ataupun karena sebab perubahan cuaca mendadak. Pada umumnya cegukan ringan berlangsung sebentar dan akan hilang dengan sendirianya atau dengan menarik nafas atau minum air. Dan penyebab cegukan ringan ini adalah minuman berkaborasi, alkohol, stress, merokok atau tertawa terlalu berlebihan.

Namun ternyata masalah cegukan tak sepele yang diperkirakan, karena terdapat banyak prediksi dibalik terjadinya cegukan. Karena Cegukan mengindikasikan bahwa adanya masalah disaluran pencernaan atas yang disebabkan oleh ganguan pernafasan, gangguan lambung serta percabangan telinga, hidung dan tenggorokan .

Adanya benda asing di telinga ternyata dapat juga memicu terjadinya cegukan, demikian juga peradangan atau tumor di daerah leher. Kelainan diafragma seperti hernia hiatus, reflux gastroesofagus, abses sybfenikus atau masa selama pembedahan juga bisa mendasari timbulnya cegukan. Gangguan sistem syaraf pusat berupa infeksi akibat tumor ataupun kelainan pembuluh darah bisa menjadi penyebab cegukan, bahkan meningkatnya kadar ureum dalam darah seperti yang sering dialami oleh pasien gagal ginjal bisa menjadi penyebab cegukan yang berkepanjangan.

Hampir bisa dipastikan kita semua pernah mengalami cegukan, tidak akan menjadi masalah bila yang kita alami adalah cegukan ringan yang berlangsung sebentar saja, namun ternyata cegukan bisa juga berlangsung lama hingga kadang menimbulkan kelelahan, insomnia bahkan depresi berat bagi penderitanya.

Ada beberapa cara untuk menghentikan cegukan ringan yang kita alami, diantara bernafas dengan cukup kuat dalam sebuah kantong kertas hingga wajah memerah. Cara lain adalah menahan nafas selama mungkin lalu lakukan menelan saat dirasakan cegukan akan timbul. Minum air beberapa tegukan saat sedang tidak bernafas dalam posisi membungkuk dan melakukan pijitan ringan pada kedua sisi leher. Namun bila ganguan cegukan tidak juga hilang hingga 1 hari atau lebih, segera minta bantuan medis.

Kadang penyakit yang sepele bisa menjadi mimpi buruk kita jika diabaikan dan tidak segera diobati

Artikel yang berhubungan



4 komentar:

bandit™perantau mengatakan...

Tia, saya juga sering cegukan, biasanya sih disuruh minum gtu... heheh...
nice tips Tia...



*YM, saya gak pake YM Cyn, saya pake gtalk.. banditsangperantau@gmail.com

adsense gratis mengatakan...

aq kalo pas makan terus ngganjel dileher biasanya cegukan

ipin mengatakan...

kalao anak saya lagi cegukan di suruh aja minum air putih sambil menutup kuping... hehehe biar cegukannya hilang (resep dari ortu dulu)

Anonim mengatakan...

gmn sih cara nanganin gangguan pernafasan

Posting Komentar