Penyebab Kelainan jantung bawaan

16/01/10


Seperti pada postingan sebelumnya tetang penyakit jantung bawaan, pembahasan kali ini tentang penyebab kelainan jantung bawaan. Selain ketiga jenis kelainan jantung bawaan yang paling banyak diderita, kasus bayi biru merupakan salah satu indikasi adanya kelainan jantung bawaan pada anak.
Kelainan jantung ini disebabkan oleh "salah sambung" pada pembuluh vena ( pembuluh darah yang membawa darah berkadar oksigen rendah ). AKibat nya darah berkadar oksigen rendah yang berwarna kebiruan akan mengalir keseluruh tubuh, hal ini lah yang menyebabkan seluruh permukaan kulit bayi yang baru dilahirkan berwarna kebiruan atau yang lazim disebut sindrom baby blue.

Penyebab kelainan jantung bawaan biasanya terdiri dari beberapa faktor yang saling mempengaruhi, yang utama adalah 90% akibat multifaltorial, 7% akibat faktor genetik dan sisanya disebabkan oleh faktor lingkungan. Kesehatan Ibu yang kurang terjaga selama masa kehamilan sangat mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandungnya, karena merupakan salah satu penyebab terjadinya kelainan jantung bawaan pada anak, pemberian obat yang tidak seusai dengan anjuran dokter selama masa kehamilan, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar MSG yang tinggi serta polusi merupakan faktor lain penyebab kelainan jantung bawaan.

Penderita yang mengalami kelainan jantung bawaan ringan hampir tidak menunjukkan gejala apapun, namun untuk penderita kelaian jantung bawaan yang cukup berat, akan mengalami kesulitan bernafas saat beraktivitas dengan frekuensi tinggi seperti saat berlari atau berolahraga, lekas kehabisan tenaga, cepat lelah dan cenderung lenih mudah terkena infeksi pada rongga dada.

Untuk memastikan apakah benar menderita kelainan jantung bawaan, perlu dilakukan pemeriksaan dengan sinar X pada pada rongga dada penderita dan serangkaian test elektrik jantung serta pemeriksaaan ekokardiografi.Tindakan operasi hanya perlu dilakukan apabila kelainan atau kebocoran yang terjadi pada jantung dianggap cukup serius.

Artikel yang berhubungan



1 komentar:

Shin-kun mengatakan...

Wuiiii, Tia riset dimana neh, postingnya bisa mantep gini, hehehe... tar kalo Kk punya anak, bisa buat referensi neh :)

Posting Komentar