Cara meningkatkan posisi web pada Search Engine

03/07/13

Mesin pencari atau yang lebih dikenal sebagai Search Engine adalah fasilitas dari Internet yang berfungsi untuk mempermudah pengguna mendapatkan informasi hanya dalam hitungan detik berdasarkan kata kunci / keyword yang dikendaki. Untuk sebuah keyword yang dimasukan pada sebuah portal Search engine, akan terdisplay jutaan website yang memiliki informasi terkait dengan kata kunci yang siap dipilih serta diakses oleh para pengguna Search engine tersebut.

Google, sebagai salah satu Search Engine paling poluler saat ini selama 24 jam nonstop melayani dan mendistribusikan berjuta-juta URL web yang terdaftar dalam databasenya untuk diakses oleh para pengguna internet, yang biasanya mengakses database Search Engine yang terdispay di halaman pertama. Jika saat ini anda pemilik website atau baru saja menyelesaikan postingan di sebuah website yang diperlukan sekarang adalah bagaimana Cara meningkatkan posisi web pada Search Engine agar secepat mungkin terdaftar dalam database search engine atau bahkan mungkin bisa terdisplay pada halaman pertama.

Mengenal cara kerja Search Engine
Sebelum membahas lebih jauh tentang Cara meningkatkan posisi web pada Search Engine, yang dimaksud dengan Seach Engine adalah sebuah sistem database yang didesain untuk dapat mengindex alamat-alamat internet seperti URL, FTP, telnet dan lainnya. Dalam melakukan tugasnya, Search Engine menggunakan program khusus berupa Crawler / Spiderbot. Program khusus inilah yang nantinya mengunjungi website-webesite yang mendaftar pada database server Search Engine, menganalisa dan dengan alogaritma tertentu Crawler ini pulalah memutuskan pantas tidaknya web tersebut terdaftar pada Search Engine. Jika dinilai pantas, alamat-alamat web tersebut akan ditambahkan dalam database server Search Engine mereka, namun jika tidak pemilik website harus mengulangi proses pendaftaran pada periode tertentu. Proses pencantuman alamat web ke dalam database server Search Engine kadang memerlukan waktu yang cukup lama, karena sangat tergantung pada kecepatan spiderbot bekerja dan jumlah web yang mendaftar pada waktu yang bersamaan bisa mencapai ribuan setiap harinya. Google[dot]com dan AllTheWeb[dot]com diyakini adalah pemilik crawler dengan kapasitas terbesar saat ini.

Proses Pendaftaran pada Search Engine
Langkah selanjutnya dari Cara meningkatkan posisi web pada Search Engine adalah mendaftarkannya pada portal Search Engine, Proses pendaftaran atau yang biasa disebut submission sangatlah mudah, hanya mengisi formulir yang telah disediakan oleh Search Engine yang diinginkan. Contoh formulir pendaftaran pada Google Search Engine adalah http://www.google.com/addurl.html. Setelah mengisi formulir tersebut dan melakukan submission, web yang sudah didaftarkan tersebut bisa langsung dicek keberadaannya pada database server Google dengan mengetikan alamat web yang dikirimkan pada Portal Google, jika belum terdisplay, lakukan pengecekan beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Jika URL telah terdaftar/ listing pada database server maka akan muncul pada hasil pencarian (search result), namun bila hingga 2 bulan sejak submisson tidak muncul juga, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, diantara mungkin SpiderBot/ Crawler search engine memang belum sempat berkunjung untuk menganalisa dan menilai isi (content) dari web yang didaftarkan atau mungkin juga Spiderbot sudah datang berkunjung namun tidak dapat membaca content yang disebabkan oleh beberapa faktor, misal hosting web server yang didaftarkan sedang down atau kelebihan traffic. Biasanya Crawler search engine akan berusaha membaca ulang web yang didaftarkan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Hal yang terbaik dilakukan adalah melalukan submisson ulang pada Search Engine

Mengopimalkan hasil pencarian pada Search Engine
Misalkan web yang dikirimkan pada database search Engine telah terdaftar, langkah selanjutnya adalah berusaha agar web tersebut terdisplay pada urutan pertama atau kedua pada halaman search result saat keyword dimasukan pada portal Search Engine. Tehnik optimasisasi ini biasa disebut juga Search Engine Optimization (SEO) dimana dengan menggunakan tehnik tertentu Web yang di daftarkan pada database server Search Engine diharapkan berhasil menduduki posisi 10 besar pada hasil pencarian (search Result) untuk kata kunci/keyword yang diharapkan. Saat melakukan proses SEO, web yang akan dipersiapkan harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu :

* Menentukan keyword yang tepat, Untuk dapat meningkatkan kunjungan ke suatu website yang telah terdaftar pada database Search Engine , pemilihan kata kunci/keyword sangatlah penting, jika menggunakan keyword yang jarang dicari pada portal Search Engine akan membuat website sepi pengunjung walaupun telah berada di halaman pertama dari search result. Wordtracker[dot]com memberikan beberapa alternatif keyword yang siap dipilih sesuai dengan content website
* Faktor Internal, yang berhubungan dengan isi/ content web, Saat Crawler mengunjungi suatu web site terdaftar pada database sever search engine, content web menjadi salah satu acuan untuk menentukan tingkat relevansi dan peringkat. Jika suatu web hanya terdiri dari gambar dan flash napa menyertakan teks biasa, spiderbot akan mengalami kesulitan membaca dan menganalisa maksud dan isi web tersebut. Walaupun saat ini Google telah menerapkan teknologi AI (Artificial Intelegence) pada Crawlernya namun tetap saja belum mampu membaca makna secara penuh dari sebuah gambar. Oleh karena itu content web berupa teks murni sangat wajib digunakan agar website tersebut lebih mudah dilisting oleh Crawler. Perlu juga diperhatikan dalam penyusunan content text pada website, usahakan agar kata kunci atau keyword yang harapkan digunakan pada kalimat pertama dalam teks tersebut. Dengan kata lain keyword tersebut merupakan topik utama. Bila hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang HTML, tempatkan keyword pada tag TITLE dan pada attribut ALT dalam tag IMG
* Faktor Eksternal
Selain faktor internal, satu hal lagi yang sangat menunjang kesuksesan SEO adalah kepopuleran alamat website yang didaftarkan berupa banyak link yang tertuju padanya diantara web-web lain atau yang dikenal sebagai Link Popularity . Hal ini menjadi salah satu acuan Crawler Search Engine karena faktor-faktor internal sangat mudah dimanipulasi. Untuk mengatasi masalah ini, search engine menggunakan link popularity sebagai acuan relevansi antara content website dan keyword. Bagi Spiderbot search engine, semakin banyak link sebuah website di website lain, dianggap semakin baik dan bermutu pula content yang dimiliki web tersebut. Google sebagai salah satu Search Engine terpopuler saat ini menggolah dan menggunakan Link popularity sebagai acuan untuk menentukan kualitas sebuah web dalam databasenya, tehnologi ini biasa disebut juga PageRank. Nilai PageRank Google pada sebuah website dapat dilihat dengan menggunakan Pagerank Checker misal http://mypagerank.net/service_pagerankbutton_index. Nilai PageRank adalah antara 0 - 10 dan semakin besar nilai PageRank suatu web, semakin tinggi pula posisinya di Google.

Dengan pilihan keyword yang tepat, kesabaran dan memadukan kedua faktor SEO tadi, diharapkan hasil yang maksimal. Namun hasil akhirnya tetap merupakan rahasia dari para penyedia Search Engine.

Artikel yang berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar