Gerhana Venus 16 Mei 2010, peristiwa 40 tahun sekali

03/07/13

Nanti malam, tanggal 16 Mei 2010 pukul 18.50 waktu Bandung akan terjadi peristiwa langka yang diprediksi hanya terjadi tiap 40 tahun sekali, yaitu Gerhana Venus. Gerhana Venus terjadi saat posisi bumi, bulan, dan planet Venus sejajar. Dari bumi, Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh bulan. Venus seolah-olah bergerak ke belakang bulan. Kalangan astronom menyebutnya okultasi.

Dari bumi, Venus akan berbentuk sabit karena usianya baru 2 hari atau bulan baru dan Venus awalnya akan terlihat di sebelah kiri. Setelah itu, Venus perlahan-lahan lenyap. Planet kedua dari matahari itu baru akan muncul kembali sekitar pukul 19.30 di langit. Kali itu, posisinya berada di sebelah kiri bawah.

Di pulau Sumatera, Gerhana Venus akan terlihat diantaranya di langit Batam, Bengkulu, Jambi, Padang, Aceh dan Palembang.Di Pulau Jawa, gerhana itu bisa dilihat dari semua wilayah termasuk pesisir utara dan selatan. Untuk wilayah Kalimantan, antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Ketapang, dan Palangkaraya. Sementara Sulawesi meliputi Poso, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, dan Ujung Pandang. Wilayah lainnya antara lain, Bima, Denpasar, Mataram, Natuna, dan Ternate.

Jangan lewatkan penampakannya... mungkin ini adalah kesempatan sekali seumur hidup :D

Artikel yang berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar