Tentang Kacamata

11/10/09

www.cyntiasari.com

Memakai kacamata kadang dapat meningkatkan penampilan kita dan seiring dengan perkembangan jaman, desain dan bahan kacamata makin berkembang hingga memerlukan ketelitian dalam memilih kacamata yang benar-benar tepat untuk kita gunakan, berikut ini membahasan tentang kacamata, mulai dari bahan bingkai, lensa ataupun desain.

Saat ini terdapat banyak sekali jenis baru dari kacamata berbahan dasar logam dan plastik. Contohnya, bingkai berbahan dasar polikarbonat dibuat untuk mendapatkan hasil yang lebih kokoh dan tangguh sedangkan bingkai yang terbuat dari bahan titanium dan stainless steel sangat bersifat hypoallergenic hingga mampu mengurangi potensi alergi kulit pada beberapa orang yang peka pada bingkai berbahan dasar logam. Untuk desain kacamata yang fleksibel seperti yang menggunakan engsel memberikan ketahanan dan keleluasaan ekstra bagi anak-anak. Terdapat pula bantalan kacamata untuk hidung yang terbuat dari silicon.

Inovasi baru sangat diperlukan terutama untuk bingkai kacamata gaya, karena saat ini para pengguna kacamata selalu menyesuaikannya dengan pakaian, tas tangan sepatu, serta beberapa aksesoris lainnya. Bahkan ada prosuden kacamata yang menggunakan bahan dasar kayu dan bambu untuk bingkai kacamata, hingga terlihat lebih sepadan dengan gaya para pemakainya. Terkadang bingkai kacamatapun disesuaikan dengan siapa yang akan menggunakannya, kerena terdapat bingkai kacamata khusus pria, wanita atau untuk keduanya.

Terdapat pula perkembangan pada Lensa kacamata, saat ini terdapat lensa kacamata yang lebih tipis bahkan untuk penyakit mata yang akut. pada Lensa berbahan Aspheric yang tidak bulat sempurna di permukaan memiliki Tinggi indeks lensa yang lebih hingga mampu mengurangi ketebalan lensa kacamata. Lensa berbahan dasar Wavefront mampu mengambil penuh penggunaan jalan cahaya melalui mata hingga dapat memberikan pengelihatan yang lebih tajam. Lensa berbahan polycarbonate lebih tipis , lebih ringan, dan lebih tahan banting jika dibandingkan dengan lensa kacamata lainnya. sedangkan Lensa Photochromic dapat berubah warna hingga mampu menggelapkan dalam kondisi terlalu terang dan bisa lebih terang saat kondisi gelap. Lensa anti-pantul diperlakukan dengan lapisan anti-reflektif untuk meminimalkan pantulan cahaya pada lensa kacamata, sedangkan Lensa terpolarisasi dirancang khusus untuk mengurangi silau pada sinar matahari.

Kacamata modern saat ini telah banyak berinovasi dan mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap sinar UV. Bahkan produsen Kacamata anti-UV banyak mendesain kacamatanya dengan bahan material dari titanium, aluminium ataupun stainless steel, khusus untuk model Clip-on sangat populer karena kenyamanannya. Olahraga dan kegiatan luar ruangan lainnya juga memerlukan kacamata anti-UV yang handal untuk dapat melindungi mata dan harus fleksibel saat digunakan hingga tidak menggangu kegiatan yang sedang dilakukan. Terdapat pula kacamata dengan desain khusus untuk berenang, ski, masker menyelam ataupun untuk lingkungan berbahaya seperti tempat konstruksi atau tempat latithan menembak.

Memilih Kacamata tidaklah sulit, pilih yang cocok dengan keperluan, penampilan, bentuk wajah dan selera pribadi agar kacamata bisa serasi dengan penampilan kita.

Artikel yang berhubungan



4 komentar:

yoyok mengatakan...

PertamaX dulu..bacanya tar aja :P

Cyntia mengatakan...

@Yoyok ihhiihih... harganya naek loh kak kalo pake pertamax :D makasih dah mampir yah :)

AriE Only mengatakan...

yah...g' bisa pertamax...g' apa2lah yg keduax jg boleh..

eh, kak mau nanya kak arie kan sering natapin komputer ni tia, bgsnya kaca mata jenis apa y biar mata ni g' rabun lama2 di komputer?...soalnya kak takut juga mata ni jadi rabun...

ada solisi?...

Rahmad mengatakan...

Oh kacamata itu macem-macem berarti ya.Wah,mudah-mudahan mata saya sehat selalu dan tidak perlu berkaca mata walau agak minus sedikit.Semoga bisa sembuh..

Posting Komentar